Abdullah Adnan

Dividend Investor

Menghitung Dividen Saham BJTM Tahun 2024

Saham BJTM (PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk) merupakan salah satu saham perbankan yang rutin saya koleksi setiap bulan berapapun harganya. Alasan utama saya membeli saham BJTM adalah karena dividend yield saham BJTM yang cukup tinggi. Lalu berapa dividen saham BJTM 2024? Supaya lebih jelas, mari kita menghitung dividen saham BJTM tahun 2024.

Kalau kita melihat data Earning Per Share (EPS) di Stockbit, pada tahun buku 2023 BJTM berhasil mencetak laba sebesar Rp97. Laba ini turun dibandingkan laba tahun 2022 yaitu Rp103. Laba ini dalam EPS ya, jadi laba bersihnya sudah dibagi dengan jumlah saham beredar agar kita mudah menghitungnya.

Baca juga : Cara Mendapatkan Dividen Saham

Setelah kita mengetahui laba BJTM tahun buku 2023 yaitu Rp97, selanjutnya adalah memproyeksikan kemungkinan Dividend Payout Ratio (DPR) yang akan terjadi. Dividend Payout Ratio adalah sebagian laba yang akan dibagikan kepada para investor / pemegang saham dalam persentase.

Pada tahun buku 2022, BJTM membagikan 51% dari laba nya menjadi dividen. Sekarang kita asumsikan BJTM akan membagikan dividen dengan Dividend Payout Ratio yang sama yaitu 51% untuk tahun buku 2023.

Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Laba Tahun Buku 2023 x 51% = Dividen BJTM Per Lembar saham

Rp97 x 51% = Rp49.

Pada saat artikel ini ditulis (6 Feb 2024), harga BJTM berada di angka Rp660. Maka kita bisa menghitung dividend yield BJTM adalah 49/660 = 7,4%.

Jika laba yang dibagikan lebih besar, katakanlah DPR-nya 60%, maka dividend yield BJTM akan lebih besar pula. Begitu juga sebaliknya, jika ternyata perusahaan memutuskan menurunkan DPR nya, maka dividen BJTM juga akan turun.

Selain DPR, faktor lain yang menentukan besaran dividen adalah laba. Saya pribadi sangat menyayangkan penurunan laba yang cukup signifikan di tahun 2023 lalu. Seandainya labanya stabil atau bahkan naik, sudah pasti dividend yield BJTM akan lebih besar meskipun DPR nya tetap sama 51%.

Apakah dividen saham BJTM menarik? Menurut saya dividend yield BJTM sebesar 7,4% masih sangat menarik. Imbal hasil ini masih jauh di atas deposito tentunya.

Namun pertanyaannya, apakah pasti manajemen membagikan laba sebesar 51% kepada investor? Apakah mungkin lebih kecil atau lebih besar? Untuk ini mari kita simak paparan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan BJTM besok pagi.

UPDATE

Saham BJTM secara resmi membagikan Rp54,39 dividen per lembar saham pada RUPS yang berlangsung 7 Februari 2024. Artinya DPR nya di angka 55.5%.

Di harga hari ini (7 Februari) yaitu 665, dividend yield BJTM adalah 54,39/665 = 8,17%. Mantap 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *