Cara Transfer Saham Ke Sekuritas Lain

Halo semua apa kabar? Tidak terasa sudah satu bulan berlalu sejak tulisan mengenai saham dividen terbaik di awal tahun dirilis. Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang cara transfer saham ke sekuritas lain.

Sebelumnya saya pernah memberikan panduan membuka rekening saham di Stockbit dengan Sinarmas Sekuritas. Pada tulisan itu saya sudah punya niatan untuk pindah ke BCA Sekuritas di Stockbit, alasannya sederhana, agar setiap top-up RDN tidak kena biaya admin Rp6.500.

Saya akui Stockbit punya fitur yang cukup lengkap, tapi tidak jarang maintenance dilakukan saat jam bursa. Lalu saat market koreksi dalam secara tiba-tiba, Stockbit kadang susah di akses.

Solusi saat Stockbit maintenance adalah, kita bisa login ke platform rekening saham yang kita gunakan. Misal Simas Equity (Sinarmas) atau BEST Mobile (BCA). Tapi ini repot sih.

Akhirnya setelah riset, saya memutuskan pindah ke Mirae Asset Sekuritas dengan platform andalan mereka yaitu Neo HOTS.

Syarat Untuk Melakukan Transfer Saham

Untuk melakukan transfer saham kita perlu meminta Surat Permohonan Pindah Saham ke sekuritas sebelumnya. Pada surat ini kalian diminta untuk memberikan informasi seperti:

  • Alamat rekening saham di sekuritas yang baru
  • Kode saham yang akan di transfer
  • Jumlah lembar saham yang akan di transfer

Lalu ada biaya yang perlu kita bayar, yaitu Rp22.000 / Kode Saham / Emiten. Saya memindahkan 4 saham, jadi total biayanya adalah Rp88.000. Jadi pastikan ada dana yang cukup di RDN Sekuritas lama kalian.

Terakhir kalian perlu tandatangan diatas materai 10.000. Lalu kirimkan surat permohonan tersebut ke Sekuritas lama kalian.

Proses Pindah Saham Berapa Lama?

Saya mengirim surat permohonan pindah saham ke Sinarmas pada Jumat, tanggal 26 Februari 2021.

Tanggal 1 Februari, purat permohonan pindah saham saya sudah sampai ke kantor Sinarmas menurut tracking ekspedisi.

Lalu dua hari kemudian, tanggal 3 Februari, ada konfirmasi dari Sinarmas bahwa proses transfer saham sedang diproses dan menunggu persetujuan dari broker lawan yakni Mirae.

Pada penutupan hari bursa tanggal 4 Februari, saya sudah bisa melihat empat saham yang saya transfer di aplikasi Mirae. Tapi juga masih bisa dilihat di Stockbit/Sinarmas.

Lalu besoknya, 5 Februari, saya sudah tidak bisa lagi melihat saham yang saya miliki di Stockbit, semuanya sudah pindah ke Mirae dan bisa dilakukan transaksi jual beli.

Dana di RDN Lama Apakah Bisa di Tarik?

Tentu bisa. Terakhir saya lihat, saldo saya sisa 50.000. Sedangkan minimum saldo tersisa di Sinarmas Sekuritas itu 100.000, agar akun tetap aktif. Jadi saya perlu top-up nih.

Proses memindahkan saham ke sekuritas lain sebenarnya langkah yang cukup mudah, hanya saja pastikan kalian memiliki alasan yang kuat saat memutuskan pindah sekuritas. Semoga saya betah dengan sekuritas ini, selamat berinvestasi!

By Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.