Membuka Rekening Saham Di Mirae Asset Sekuritas

Pada tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman saat membuka rekening saham di Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Memiliki rekening saham merupakan sebuah keharusan jika kamu ingin mulai membeli dan berinvestasi saham. Membuka rekening saham juga tidak sulit, prosesnya mirip seperti membuka rekening tabungan biasa.

Sebelum membuka rekening saham di Mirae Sekuritas, saya juga pernah membuka rekening saham di Stockbit dengan Sinarmas Sekuritas.

Pada bulan Februari 2021, saya memutuskan untuk memindahkan seluruh saham saya dari Sinarmas Sekuritas ke Mirae Asset. Silahkan baca ulasan saya tentang Cara Memindahkan Saham Ke Sekuritas Lain.

Membuka Rekening Saham di Mirae Asset Sekuritas

Awalnya, saya mencoba membuka rekening saham melalui website Mirae pada halaman tersebut.

Setelah mengisi data-data umum seperti nomor handphone, data diri, rekening tabungan, dan lain sebagainya saya coba tunggu beberapa minggu namun tidak ada kabar apa-apa.

Memang saat itu, awal tahun 2021 minat masyarakat Indonesia untuk membuka rekening saham sangat tinggi, jadi kabarnya sekuritas kewalahan menerima pembukaan rekening saham.

Akhirnya saya dapat kontak salah satu agen Mirae yang bisa bantu follow up proses pembukaan rekening saham saya di Mirae.

Dia langsung meminta saya untuk melengkapi beberapa data yang kurang pada saat mengisi formulir online sebelumnya. Khususnya tanda tangan yang beda dengan KTP, ini sih udah penyakit lama saya.

Setelah data lengkap, dia bilang untuk menunggu paling lambat 1 minggu. Ternyata benar, seminggu kemudian akun Mirae saya sudah bisa dipakai.

Jadi saya menyimpulkan bahwa jika kamu mau membuka rekening saham di Mirae Asset Sekuritas akan lebih cepat jika melalui agen daripada secara online lewat website.

Dokumen Yang Perlu Disiapkan

Sama seperti sekuritas lain, dokumen utama yang dibutuhkan untuk membuka rekening saham di Mirae Asset Sekuritas adalah KTP, NPWP, dan Halaman Pertama Buku Tabungan.

Berbeda dengan membuka saham di Stockbit, di Mirae saya sama sekali tidak mengirim berkas fisik. Semuanya online, tanda tangan juga di attach pada dokumen pdf yang diberikan agen. Jadi lebih mudah sih daripada harus kirim-kirim berkas secara offline.

Minimum Deposit Mirae Asset Sekuritas

Minimum deposit untuk membuka rekening saham di Mirae adalah Rp10 Juta. Dana ini nantinya bisa kamu withdraw lagi kok.

Saya ada pengalaman unik, setelah rekening saham Mirae selesai dibuka saya coba top-up Rp100.000, dan ternyata masuk. Lalu saya top-up lagi Rp300.000 ternyata berhasil. Jadi sebenarnya berapapun kamu top-up, bakalan masuk ke rekening saham Mirae kamu.

Tapi beberapa hari kemudian, agen Mirae menghubungi saya untuk tetap top-up sisanya agar total menjadi Rp10 juta. Ketahuan deh.

Jadi ternyata, mereka (agen) akan mendapatkan bonus jika klien yang mereka bantu berhasil top-up Rp10 Juta. Mereka juga bilang kalau uangnya mau ditarik lagi juga tidak masalah, setelah selesai pencatatan deposit.

Deposit di Mirae Asset Sekuritas tidak real time, ada jadwal update dana pada Rekening Dana Nasabah. Kamu bisa baca di halaman resminya: Jadwal Update Dana Mirae Asset Sekuritas. Jadi jangan khawatir kalau setelah deposit, dana di RDI belum masuk.

Pengalaman Menggunakan Mirae Asset Sekuritas

Aplikasi Mirae bernama HOTS, singkatan dari Home Online Trading System. Tersedia untuk desktop maupun mobile.

Tampilan HOTS tidak semanis Stockbit atau Ajaib yang sederhana dan kekinian. Saya bisa bilang antarmuka Stockbit dan Ajaib itu cocok buat yang baru terjun investasi saham.

Sedangkan untuk HOTS, perlu beberapa waktu agar terbiasa dengan antarmukanya yang kompleks dan fiturnya yang begitu lengkap. Saya pun belum maksimal menggunakan fitur HOTS.

Saya harap Mirae bisa segera memperbarui interface menjadi lebih menarik sih kedepannya. Saya yakin, dengan performa yang kencang dibarengi antarmuka yang terbarukan akan lebih banyak pengguna yang tertarik. Apalagi kalau minimal deposit diturunkan. Wah, sempurna!

Selama menggunakan HOTS, performanya stabil dan juga kencang. Jarang terjadi down time saat jam bursa. Cocok bagi trader saham sebenarnya.

Sebagai dividen investor, sejauh ini sih saya paling sering membuka halaman Portofolio, Stock Composite, Order List, dan Watchlist saja. Toh kerjaan saya cuma beli, terus nunggu dividen. Membosankan.

Nah jadi itu dia pengalaman saya membuka rekening saham di Mirae Asset Sekuritas. Semoga bisa memberikan wawasan bagi kalian yang mau membuka rekening saham disini. Selamat berinvestasi!

By Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.