Penghasilan Dividen Saham SIDO Tahun 2021

Berikut ini adalah penghasilan dividen saham SIDO tahun 2021 yang saya terima. Jumlahnya hanya cukup untuk beli dua sachet Tolak Angin.

Namun saya tetap harus menulisnya di blog ini, seperti saat saya mendapatkan dividen dari BBRI dan BMRI. Tapi sebelum itu, saya mau cerita dulu tentang saham SIDO ini.

Sido Muncul Tbk, kode saham SIDO merupakan salah satu saham yang memiliki porsi cukup besar di portofolio saya, sekitar 10%.

Saya pernah menulis mengenai portofolio saham dividen terbaik sebelumnya. Kalian bisa baca sekilas koleksi saham dividen saya disana.

Saya sudah mulai melirik SIDO sejak akhir tahun 2020 lalu. Saat itu saya hanya punya dua saham, TLKM dan SIDO.

Kebetulan, pada bulan tersebut SIDO membagikan dividen interim sebesar Rp12,5. Itu menjadi dividen pertama kali semenjak saya investasi di bursa efek. Senang bukan main.

SIDO ini selalu datang dan pergi dari portofolio saya. Ketika harga turun saya beli beberapa lot, lalu saya jual ketika naik hanya 1-2%. Terus begitu, tidak betah pegang lama-lama.

Mental saya saat itu belum cukup kuat untuk memegang emiten bagus dan sehat seperti SIDO. Pergerakannya lambat, turunnya lambat, naiknya juga.

Lalu saya sadar, saya butuh saham defensif seperti SIDO ini selalu ada di portofolio saya. Untuk menopang saham lain saat masuk angin.

SIDO mulai saya koleksi kembali saat Cum-Date awal April 2021 lalu. Jadi jumlahnya masih kalah jauh dari saham lainnya yang sudah saya simpan lebih dulu.

Berapa Dividen Saham SIDO Per Lembar?

Pada RUPST yang berlangsung 31 Maret 2021, SIDO resmi mengumumkan Dividend Payout Ratio sebesar 100% dari laba tahun buku 2020.

Sebelumnya SIDO sudah membagikan dividen interim pada Oktober 2020 sebesar Rp12,5. Sedangkan untuk dividen finalnya adalah sebesar Rp18,9. Total dividen yang dibagikan SIDO untuk tahun buku 2020 adalah Rp31,4.

Saat ini Average Price yang saya miliki untuk saham SIDO adalah sekitar Rp785. Jika kita hitung dividend yield-nya dengan membagi Dividend Per-Share dengan Average Price (31,4/785) hasilnya adalah 4%.

Untuk sebuah saham consumer goods, dividend yield SIDO sangat menarik bagi saya. Ini alasan kenapa SIDO menjadi salah satu koleksi saham dividen terbaik untuk investasi jangka panjang.

Berapa Penghasilan Dividen Saham SIDO?

Seperti yang saya ceritakan diatas, saya kembali membeli SIDO saat Cum-Date April 2021. Sehingga hanya dividen final yang saya peroleh dengan jumlah lot yang amat sedikit.

Lot yang saya miliki pada saat Cum-Date SIDO adalah 6 lot atau 600 lembar saham atau setara dengan modal Rp471.000 dengan Average Price 785.

Mari kita kalikan dengan dividen final yang akan dibagikan, yaitu Rp18.9 x 600 lembar saham hasilnya adalah Rp.11.340.

Nah itu dia penghasilan dividen saham SIDO yang saya dapatkan saat Payment Date 29 April 2021.

Ini sih saya belikan Tolak Angin langsung habis.

Tentu saat ini, jumlah lot SIDO yang saya miliki sudah berbeda jauh dari pada sebelumnya. SIDO ini akan terus saya akumulasi hingga akhir tahun. Sebagai salah satu saham dividen terbaik yang saya koleksi.

By Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.