Passive Income Dari Dividen Saham Juni 2022

Bagaimana perolehan passive income dari dividen saham yang saya peroleh pada bulan Juni 2022? Mari kita bahas.

Di bulan ini, saya mendapatkan dividen yang nominalnya cukup besar. Bisa dibilang ini dividen terbesar yang pernah saya peroleh selama dua tahun berinvestasi saham.

Saham yang memberikan dividen besar ini berasal dari sektor siklikal yaitu Batu Bara. Saya sudah menyimpan saham ini sejak tahun 2020, tujuannya memang untuk mendapatkan dividennya saja.

Namun sayangnya pada tahun 2021 dividen yang dibagikan tidak besar. Dividend payout rationya hanya 30%. Sehingga dividend yield-nya hanya 3% pada harga rata-rata saya saat itu. Sehingga membuat sahamnya terpuruk dan saat itu floating loss hampir -20% di saham ini.

Tapi saya tidak jual, malah terus membeli sahamnya. Saya memiliki keyakinan kuat bahwa entah kapan, sahamnya akan naik mengikuti fundamentalnya. Saham apakah itu?

Silahkan baca: Cara mendapatkan passive income dari dividen saham

Passive Income Dari Dividen Saham Juni 2022

Pada Juni 2022, saya menghasilkan passive income sebesar Rp11,321,200, dengan rincian sebagai berikut:

SahamTotal Dividen (dalam Rupiah)
PTBA10.595.200
PBID726.000
Passive Income Dividen Saham Juni 2022

Saham yang memberikan dividen cukup besar tersebut adalah PTBA. Perasaan saya ketika mendapatkan dividen sebesar itu cukup kaget dan tidak percaya, saya jadi semakin yakin bahwa saham merupakan instrumen investasi terbaik untuk memupuk kekayaan.

Ketika harga saham PTBA naik ke angka 4600-an pada saat menjelang Cum-Date saya juga tidak jual, saya saat itu ingin menikmati dividennya saja. Dividend yield saya saat itu ada di angka 27%. Terbayar tuntas penantian selama dua tahun.

Saham kedua yang membagikan dividen di bulan ini adalah PBID. Namun hingga artikel ini ditulis harganya belum kemana-mana. Jadi saya biarkan saja dan menunggu laporan keuangan Q2 nya rilis.

Penghasilan Dividen Setiap Bulan

Berikut adalah grafik dari dividen yang diperoleh pada tahun 2022 serta perbandingannya dengan tahun sebelumnya:

Passive Income Dari Dividen Setiap Bulan
Passive Income Dari Dividen Setiap Bulan
Passive Income Dari Dividen Tahunan
Passive Income Dari Dividen Tahunan

Grafik diatas diperbarui secara otomatis langsung dari Google Sheets pada bulan berjalan. Jadi anda sedang melihat data terbaru.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *