Net Worth Update Juni 2022


  • Share on Pinterest

Halo semua apa kabar? Tidak terasa kita sudah berada di pertengahan tahun 2022, semoga kita terus diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan. Amin. Seperti biasa, saya ingin melaporkan pertumbuhan kekayaan bersih saya di Juni 2022 ini.

Sebelumnya saya ingin sampaikan bahwa mayoritas aset yang saya miliki adalah saham. Sehingga ketika terjadi sesuatu yang berdampak pada pasar saham, berpengaruh sekali terhadap aset yang saya miliki.

Selama bulan Juni, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penuruan dari 7100-an ke 6900-an. Sehingga mayoritas saham-saham juga ikut turun, dan itu terjadi juga pada seluruh saham yang ada di portofolio saya.

Meski begitu, penurunannya belum begitu dalam, sehingga sebenarnya kekayaan bersih saya masih mencatatkan angka positif, walau tidak besar seperti bulan-bulan sebelumnya saat IHSG rally sejak awal tahun 2022.

Yuk cek langsung bagaimana progresnya. Cek halaman Net Worth untuk melihat pertumbuhan secara berkala.

MayJuni% Change
Assets128.141.502129.534.4111,17%
Liabilities13.046.05010.674.110-18%
Net Worth115.095.452118.860.3013,36%
Kekayaan Bersih Juni 2022 (dalam Rupiah)

Aset

Untuk melihat aset apa saja yang saya miliki, bisa cek halaman Portofolio Investasi.

Seperti yang bisa dilihat, aset saya masih bertumbuh tipis di angka 1,17%, padahal mayoritas saham-saham di portofolio saya sedang mengalami penurunan.

Hal ini disebabkan oleh dua hal, pertama saya mendapatkan dividen PTBA yang cukup besar. Kedua, saya tetap menyisihkan gaji bulanan untuk di transfer ke rekening saham.

Berkat dua hal itu, aset saya mencatatkan pertumbuhan positif, juga saya bisa beli saham lagi pada kondisi pasar yang kurang kondusif dalam jumlah yang cukup besar.

Liabilitas

Terdapat penurunan pada liabilitas sebesar -18%. Jika dibandingkan dengan aset yang saya miliki, hutang saya terlampau kecil. Sehingga saya bisa melunasi hutang yang ada kapan saja, tapi tidak saya lakukan.

Budget untuk pembayaran hutang sudah ada setiap bulannya, selebihnya saya lebih memilih untuk di investasikan.

Net Worth

Lalu bagaimana rencana kedepannya? Target Net Worth tahun ini meningkat jadi 150 juta, jadi langkahnya adalah tetap menyisihkan 40% gaji untuk di simpan serta menginvestasikan seluruh dividen yang diperoleh.

Pada dasarnya, jika pembayaran hutang sudah tidak ada lagi, kenaikan net worth ini sebetulnya akan lebih ringan. Tapi itu baru akan terjadi sekitar akhir tahun nanti, artinya 2023 akan lebih melesat lagi pertumbuhan net worth-nya.