Penghasilan Dividen Saham HEXA Tahun 2021

Berapa penghasilan dividen saham HEXA tahun 2021 yang akan saya peroleh?

PT Hexindo Adiperkasa Tbk., dengan kode saham HEXA ini merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan sewa alat berat dengan merk Hitachi.

Perusahaan lain yang juga bergerak di bidang alat berat seperti ini adalah United Tractors (UNTR). Tapi saya lebih tertarik HEXA atas dasar dividennya besar.

Sejak awal tahun 2021, saya sebenarnya sudah mulai mengoleksi HEXA. Ini juga salah satu saham dividen terbaik dan pernah saya bahas di tulisan ini: Investasi Saham Dividen Terbaik 2021

Tapi jujur saja ketika itu saya belum begitu yakin dengan saham ini. Setiap harga sahamnya naik sedikit, pasti saya jual lalu saya belikan PTBA atau ADMF.

Keraguan tersebut lah yang membuat saya menyesal menjelang akhir tahun ini. HEXA tiba-tiba membagikan dividen yang cukup besar, ketika jumlah saham HEXA saya pada titik terendahnya. 😥

Berapa Dividen Saham HEXA Per Lembar?

Kebetulan saya mengikuti berlangsungnya RUPS HEXA ini secara online melalui website KSEI. Tentu saja yang paling saya tunggu adalah slide pengumuman pembagian dividen.

Betapa terkejutnya saya (beneran terkejut) ketika HEXA memutuskan untuk membagikan laba sebesar $70 juta sebagai dividen. $20 juta merupakan laba tahun lalu. $50 juta adalah saldo laba ditahan.

Jadi HEXA membagikan dividen dari laba tahun lalu sebesar $0,024 per lembar saham. Lalu HEXA juga menambahkan dividen sebesar $0,059.

Sehingga total dividen yang akan diperoleh investor adalah $0,083. Jika dirupiahkan, sekitar Rp 1195 per lembar saham.

Saat ini Average Price yang saya miliki untuk saham HEXA adalah Rp3490. Jika kita hitung dividend yield-nya dengan membagi Dividend Per-Share dengan Average Price (1195/3490) hasilnya adalah 34%.

Berapa Penghasilan Dividen Saham HEXA?

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, jumlah lot saham HEXA yang saya punya hanya 1 lot atau 100 lembar saham. Setara dengan modal Rp349.000 dengan Average Price 3490.

Mari kita kalikan dengan dividen yang akan dibagikan, yaitu Rp1195 x 100 lembar saham hasilnya adalah Rp.119.500.

Pada saat tulisan ini dirilis, adalah hari Ex-Date HEXA. Capital Gain saya berada di angka 30%. Ketika harga HEXA terus turun, saya akan mulai membeli kembali.

Nah itu dia penghasilan dividen saham HEXA yang saya dapatkan pada Payment Date 21 Oktober 2021.

Seperti biasa, setiap dividen yang saya dapatkan tahun 2021 ini akan saya investasikan kembali. Lumayan bisa beli POWR atau SIDO satu lot. 😀

By Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.