Penghasilan Dividen Saham ADMF Tahun 2021

Berapa penghasilan dividen saham ADMF tahun 2021 yang akan saya peroleh? Setelah menunggu dari awal tahun, akhirnya ADMF resmi mengumumkan dividen pertengahan tahun ini. Senang rasanya.

PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk. dengan kode saham ADMF ini merupakan saham kedua yang memiliki porsi cukup besar pada portofolio saya. Sekitar 26% pada saat tulisan ini ditulis.

Lebih lengkap mengenai saham apa saja yang saya miliki, silahkan baca portofolio saham dividen terbaik 2021 pada tulisan tersebut.

Sebagai informasi, ADMF ini merupakan perusahaan Multi Finance atau pembiayaan pengadaan barang dan jasa. Adira ini lebih dikenal dalam pembiayaan pembelian kendaraan bermotor secara kredit.

Lalu apa alasan saya tertarik memiliki saham Adira? Sederhana. Sebagian masyarakat Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai gengsi dalam hidupnya. Setiap ada kendaraan baru, gadget baru, pasti pengen ikut-ikutan ganti. Tidak jarang, karena mengejar gengsi kredit pun jadi solusi.

Setiap bisnis yang mengandung unsur gengsi di dalam nya, saya kira sulit untuk runtuh. Sifat manusia yang selalu ingin lebih ini lah yang membuat perusahaan pembiayaan bisa terus bertahan sampai sekarang dan seterusnya. Itulah kenapa saya suka ADMF dan perusahaan pembiayaan lainnya.

Berapa Dividen Saham ADMF Per Lembar?

Berdasarkan RUPST yang berlangsung pada tanggal 30 Juni 2021, ADMF membagikan 50% laba tahun buku 2020.

EPS ADMF pada tahun 2020 mengalami penurunan sekitar 50% dari tahun 2019. Namun, Dividend Payout Ratio-nya tetap 50% dari laba. Ini masih menarik menurut saya.

Berbeda dengan saham PTBA, yang terpaksa harus menurunkan DPR menjadi hanya 36% saja. Sehingga penghasilan dividen saham PTBA saya tidak sesuai prediksi.

Dividen tunai per lembar saham ADMF yang akan dibagikan kepada investor menjadi sebesar Rp513, menurun dari tahun 2019 yaitu Rp1054.

Saat ini Average Price yang saya miliki untuk saham ADMF adalah Rp8442. Jika kita hitung dividend yield-nya dengan membagi Dividend Per-Share dengan Average Price (513/8442) hasilnya adalah 6%.

Berapa Penghasilan Dividen Saham ADMF?

Jumlah lot yang saya miliki saat Cum-Date ADMF adalah 14 lot atau 1400 lembar saham. Setara dengan modal Rp11.625.000 dengan Average Price 8442.

Mari kita kalikan dengan dividen yang akan dibagikan, yaitu Rp513 x 1400 lembar saham hasilnya adalah Rp.718.200.

Nah itu dia penghasilan dividen saham ADMF yang saya dapatkan pada Payment Date 30 Juli 2021.

Seperti biasa, setiap dividen yang saya dapatkan tahun 2021 ini akan direinvestasikan untuk pertumbuhan portofolio.

By Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.