Penghasilan Dividen Saham POWR Tahun 2021

Berapa penghasilan dividen saham POWR tahun 2021 yang saya peroleh? Sebelum itu, yuk kita bahas kenapa saya tertarik memegang saham ini.

PT. Cikarang Listrindo Tbk, dengan kode saham POWR ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembangkit listrik yang berlokasi di Cikarang, Bekasi sejak 1993.

Saat tulisan ini dibuat, porsi saham POWR di portofolio saya hanya 1.1% saja. Ini merupakan salah satu saham dividen terbaik koleksi saya.

Saham POWR ini tidak sengaja saya temukan saat isu mobil listrik dan kunjungan Tesla ramai di Indonesia. Saat itu saya ingat sekali saham ANTM dan INCO menjadi primadona.

Di saat orang lain ramai membahas soal nikel dan baterai mobil listrik, saya malah melirik POWR. Logika sederhana saya, baterai kan tetep butuh listrik. šŸ˜€

Kalau di masa mendatang produksi mobil listrik meningkat, konsumsi listrik pasti semakin tinggi, secara gak langsung profit POWR saya yakin meningkat pula.

Meski saham ini harganya cenderung turun sejak IPO, namun EPS nya stabil bahkan di beberapa tahun mengalami kenaikan. Emiten ini juga rajin membagikan dividen, setahun dua kali.

Pada saat tulisan ini dibuat, saham POWR Price Book Value-nya cuma 1.01. Menurut saya sih, ini udah murah. Di harga saat ini, dividend yield-nya menyentuh angka 8%. Kurang menarik apalagi coba?

Satu-satunya yang membuat saya khawatir adalah Debt to Equity Ratio-nya sebesar 0,95. Saya harap manajemen perusahaan POWR berusaha untuk mengurangi DER nya tahun ini.

Berapa Dividen Saham POWR Per Lembar?

Pada RUPST yang berlangsung 2 Juni 2021, POWR resmi mengumumkan Dividend Payout Ratio sebesar 81% dari laba tahun buku 2020.

Laba POWR pada tahun 2020 mengalami penurunan sekitar 34% dibanding tahun 2019. Sehingga dividen yang dibagikan pun tidak sebesar tahun sebelumnya, baik dividen interim maupun dividen tunai.

Dividen tunai per lembar saham yang akan diberikan pada investor adalah sebesar Rp36,83/lembar saham. Menurun dari tahun 2019 yaitu Rp41.93/lembar saham.

Sedangkan untuk dividen interim juga mengalami penurunan, dari Rp24,88/lembar saham pada tahun 2019 menjadi 16,58/lembar saham pada Desember 2020.

Saat ini Average Price yang saya miliki untuk saham POWR adalah sekitar Rp682. Jika kita hitung dividend yield-nya dengan membagi Dividend Per-Share dengan Average Price (36,83/682) hasilnya adalah 5,4% untuk dividen tunai saja.

Jika kita hitung dengan dividen interim maka hasilnya akan lebih menarik lagi, (36,83+16,58/682) hasilnya adalah 7,8%.

Berapa Penghasilan Dividen Saham POWR?

Jumlah lot yang saya miliki saat Cum-Date POWR adalah 5 lot atau 500 lembar saham. Setara dengan modalĀ Rp341.000Ā dengan Average Price 682.

Mari kita kalikan dengan dividen yang akan dibagikan, yaitu Rp36,83 x 500 lembar saham hasilnya adalahĀ Rp.18.418.

Saya hanya memperoleh dividen tunai saja, saya belum memegang saham POWR pada saat pembagian dividen interim pada Desember 2020.

Nah itu dia penghasilan dividen saham POWR yang saya dapatkan pada Payment Date 23 Juni 2021.

Dividen POWR ini langsung saya reinvestasikan kembali, lumayan untuk beli PTBA 1 lot dengan potongan harga.

By Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.