Mendapatkan Dividen Saham Dengan GoTrade

Setelah sekitar satu bulan saya membeli saham luar negeri dengan GoTrade, tiba saatnya untuk melihat apakah GoTrade membagikan dividen? Lalu bagaimana mendapatkan dividen saham dengan GoTrade? Yuk kita bahas.

Sedangkan, jika kamu lebih tertarik dengan dividen saham di Indonesia, bisa baca tulisan saya mengenai cara mendapatkan dividen saham.

Untuk melihat saham apa saja yang saya miliki, kalian bisa cek pada halaman ekslusif saya di Trakteer.

Jika kamu belum punya akun GoTrade, kamu bisa baca tulisan saya mengenai cara membeli saham luar negeri dengan GoTrade. Saya sudah bahas singkat tentang cara membuka akun GoTrade.

Cara Mendapatkan Dividen Setiap Bulan

Saat saya daftar aplikasi GoTrade, tujuan utama saya adalah untuk mendapatkan dividen saham dengan GoTrade setiap bulan.

Rencana ini mudah untuk direalisasikan mengingat mayoritas saham luar negeri membagikan dividen perkuartal. Berbeda dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia yang umumnya satu tahun sekali membagikan dividen.

Sehingga langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari saham yang akan membagikan dividen dalam waktu dekat.

Jadwal dividen saham luar negeri bisa kamu lihat di halaman Nasdaq Dividend Calendar. Informasinya lengkap.

Cara Mendapatkan Dividen Saham dengan GoTrade

Intinya kita perlu membeli saham luar negeri sebelum tanggal Ex-Date agar tercatat sebagai penerima dividen. Dividen nantinya akan diterima pada tanggal Payment-Date sesuai jumlah shares/fractional shares yang dimiliki.

Saat itu saham yang sempat saya beli setelah mendaftar GoTrade adalah sebagai berikut:

  • American Tower (AMT) – 0,012413046 Shares ($2,98)
  • AbbVie (ABBV) – 0,031458797 Shares ($3,39)

Apakah GoTrade Membayar Dividen?

Setelah melewati Payment-Date, bagaimana hasilnya?

Alhamdulillah, dari dua saham itu meskipun saya hanya menyimpan fractional shares (pecahan saham) saya ternyata berhak mendapatkan dividen.

Namun tentu saja, jumlahnya tidak banyak. Untuk AMT saya hanya mendapatkan $0,01, sedangkan ABBV saya berhasil memperoleh $0,04.

Dua saham tersebut hanya uji coba untuk melihat apakah GoTrade benar membagikan dividen. Ternyata iya.

Saya jadi lebih semangat berinvestasi dan membeli saham luar negeri agar mendapatkan dividen saham dengan GoTrade setiap bulan.

Saat tulisan ini dibuat, saya sudah tidak lagi memegang kedua saham tersebut. Portofolio saham luar negeri saya mungkin akan saya bahas di tulisan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *