Penghasilan Dividen Saham PTBA Tahun 2021

Berapa penghasilan dividen saham PTBA tahun 2021 yang saya peroleh? Saya kaget sendiri dengan hasilnya, diluar perkiraan sebenarnya. Yuk kita bahas.

PT Bukit Asam Tbk, kode saham PTBA. Ini merupakan Core-Stock di dalam portofolio saham saya dan memiliki porsi yang sangat besar dibanding saham lainnya. Betul, sangat besar.

Saham PTBA yang saya miliki memiliki porsi sekitar 65% saat tulisan ini dibuat. Artinya, fluktuasi harga PTBA akan sangat mempengaruhi performa portofolio.

Cukup berisiko jika menjadikan saham siklikal sebagai core-stock, jika belum kuat lihat warna merah berdarah di portofolio saran saya hindari cara saya ini.

Saya mulai mengoleksi saham PTBA sejak akhir 2020-an. Target saya saat itu ingin punya 100 lot PTBA sebelum pembagian dividen. Tercapai? Alhamdulillah, sekarang sudah lebih malah. Akhir tahun 2021 ini target saya 250 lot PTBA.

Pencapaian target bisa lebih cepat sebenarnya, tapi saya juga perlu membagi dana investasi ke saham dividen lain seperti ADMF misalnya.

Berapa Dividen Saham PTBA Per Lembar?

Pada RUPST yang berlangsung 5 April 2021, PTBA resmi mengumumkan Dividend Payout Ratio sebesar 35% dari laba tahun buku 2020.

Ini cukup mengecewakan awalnya. DPR menurun dari tahun sebelumnya yaitu 92%. Dampaknya berimbas pada dividen per lembar yang mengecil.

Dividen per lembar saham yang akan diberikan pada investor menjadi Rp74,7/lembar saham. Menurun drastis dari tahun sebelumnya yaitu Rp326/lembar saham.

Saat ini Average Price yang saya miliki untuk saham PTBA adalah sekitar Rp2642. Jika kita hitung dividend yield-nya dengan membagi Dividend Per-Share dengan Average Price (74,7/2582) hasilnya adalah 2,8%.

Dividend Yield PTBA turun drastis dari tahun sebelumnya yang sempat mencapai angka 12%.

Ekspektasi saya jika pun dividend yieldnya menurun, paling tidak ada di angka 6-7%. Ternyata diluar dugaan.

Tapi saya kira, keputusan manajemen tentu ada alasannya. Laba ditahan sebesar 65% kemungkinan akan digunakan untuk mengakselerasi pembangunan beberapa proyek.

Sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan laba PTBA tidak hanya melalui penjualan batu bara saja. Jadi masa depan PTBA menurut saya masih sangat cerah.

Saya masih hold dan melakukan average down terus menerus.

Berapa Penghasilan Dividen Saham PTBA?

Jumlah lot yang saya miliki saat Cum-Date PTBA adalah 90 lot atau 9000 lembar saham. Setara dengan modal Rp23.778.000 dengan Average Price 2642 saat cum-date.

Mari kita kalikan dengan dividen yang akan dibagikan, yaitu Rp74,7 x 9000 lembar saham hasilnya adalah Rp.672.249.

Nah itu dia penghasilan dividen saham PTBA yang saya dapatkan pada Payment Date 7 Mei 2021.

Seperti biasa, seluruh dividen akan saya investasikan kembali untuk menciptakan efek compounding beberapa tahun kedepan. Jadikan!

By Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.