Penghasilan Dividen Saham BJBR Tahun 2021

Berapa penghasilan dividen saham BJBR tahun 2021 yang saya peroleh? Seperti biasa, saya akan menulis penghasilan dividen dari saham di blog ini secara rutin.

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk, kode saham BJBR ini merupakan salah satu saham dividen yang menjadi koleksi saya di portofolio. Namun porsinya tidak besar, hanya sekitar 4% saat ini.

Untuk melihat saham dividen terbaik apa saja yang saya simpan, bisa cek tulisan tersebut.

Alasan saya menyimpan saham BJBR adalah EPS nya dalam beberapa tahun terus bertumbuh, sehingga dapat memberikan dividen yang meningkat juga setiap tahunnya. Semoga terus seperti ini.

Saya mengakumulasi BJBR tepat saat cum-date, sehingga saat ini saya terkena dividend trap oleh saham ini. Rencananya saya akan average down akhir tahun nanti.

Hal yang cukup disayangkan mengenai BJBR ini adalah adanya isu Rights Issue atau penambahan modal melalui penerbitan lembar saham baru. Saya belum tahu kapan resminya, kita tunggu saja.

Berapa dividen saham BJBR Per Lembar?

Pada RUPST yang berlangsung 6 April 2021, BJBR resmi mengumumkan Dividend Payout Ratio sebesar 55% dari laba tahun buku 2020.

Dividen per lembar saham yang akan diberikan pada investor adalah sebesar Rp95,74/lembar saham. Meningkat dari tahun sebelumnya yaitu Rp94/lembar saham.

Saat ini Average Price yang saya miliki untuk saham BJBR adalah sekitar Rp1615. Jika kita hitung dividend yield-nya dengan membagi Dividend Per-Share dengan Average Price (95,74/1615) hasilnya adalah 5,9%.

Bahkan dengan perolehan harga tinggi di saat Cum-Date, saya masih bisa memperoleh yield sebesar 5,9%. Ini sangat menarik untuk sebuah saham Bank.

Bagaimana dividend yield-nya jika saya average down di harga 1410? Coba kita hitung, (95,74/1410) hasilnya 6,7%. Menarik sekali!

Berapa Penghasilan Dividen Saham BJBR?

Jumlah lot yang saya miliki saat Cum-Date BJBR adalah 13 lot atau 1300 lembar saham. Setara dengan modal Rp2.099.500 dengan Average Price 1615.

Mari kita kalikan dengan dividen yang akan dibagikan, yaitu Rp95,74 x 1300 lembar saham hasilnya adalah Rp.124.462.

Nah itu dia penghasilan dividen saham BJBR yang saya dapatkan pada Payment Date 7 Mei 2021.

Dividen BJBR ini akan saya reinvestasikan kembali, entah itu ke Saham atau Reksadana sesuai dengan peraturan pajak dividen yang baru.

By Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.