Membeli Saham Luar Negeri dengan GoTrade

Selain berinvestasi di saham lokal (baca:Indonesia), saya juga mulai membeli saham luar negeri dengan GoTrade. Apa itu GoTrade? Bagaimana cara membeli saham US dengan GoTrade? Saya akan bahas di artikel ini.

Untuk melihat saham apa saja yang saya miliki serta pendapatan dividen secara lengkap, silahkan kunjungi halaman Trakteer saya.

Trakteer Saya
Dukung saya di Trakteer!

Sebelum mengenal GoTrade sebenarnya saya sudah membuka akun di Interactive Brokers, namun belum sempat deposit ke IBKR.

Saya masih mencari alternatif lain karena IBKR ini memiliki Monthly Activity Fee yang cukup besar. Kurang cocok buat Investor malas seperti saya.

Untuk berinvestasi di saham Indonesia, kamu bisa mulai dengan membuka rekening saham di Stockbit pada artikel sebelumnya.

Tidak lama setelah itu barulah saya menemukan aplikasi bernama GoTrade yang begitu memudahkan saya dan juga kamu untuk membeli saham luar negeri mulai dari $1 dengan User Interface yang benar-benar menarik. Bagaimana caranya? Yuk simak!

Cara Membuka Akun GoTrade

Untuk membuka akun di GoTrade, caranya mudah. Download terlebih dahulu aplikasi GoTrade di Play Store & App Store. Setelah itu siapkan Data Pribadi & KTP untuk mengisi form yang tersedia. Kamu juga akan diminta Selfie dan Tanda Tangan digital.

Proses pendaftaran sebenarnya cukup cepat, sekitar 1-2 jam akun akan terverifikasi oleh GoTrade. Tapi kamu belum bisa langsung membeli saham luar negeri karena perlu memiliki invitation code dari member lain agar pendaftaran sukses sepenuhnya dan bisa mulai transaksi saham US Stocks.

Bagi akun baru, akan mendapatkan gratis saldo $3-$5 dollar dengan menjalankan sejumlah tugas yang ada untuk transaksi pertama kamu membeli saham luar negeri. Lumayan kan.

Khusus untuk pembaca blog ini, saya punya dua invitation code GoTrade: 863794 & 697543. (Update 29 April). Akan diperbarui setiap minggu.

Minimum Deposit GoTrade

Setelah beberapa minggu saya coba, minimum deposit GoTrade adalah $10. Kalau dirupiahkan sekitar Rp150.000.

Saat ini GoTrade sudah bisa instant deposit dalam hitungan menit, tidak seperti sebelumnya yang membutuhkan waktu 3 hari sampai dana masuk ke GoTrade.

GoTrade juga sudah mendukung deposit dari rekening bank di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BNI, dan BRI melalui Virtual Account tanpa biaya.

Selain melalui bank-bank diatas, kita juga bisa deposit GoTrade menggunakan Dana.

Membeli Saham Luar Negeri dengan GoTrade

Setelah pendaftaran dan deposit dana selesai. Saatnya kita membeli saham luar negeri dengan GoTrade!

Kamu bisa beli saham perusahaan-perusahaan besar disini, seperti Apple, Google, Coca-cola, McDonald’s, dan banyak lagi dengan hanya $1 saja.

Kenapa membeli saham di GoTrade bisa dengan hanya $1? GoTrade memfasilitasi penggunanya untuk dapat membeli saham secara fractional shares. Apa itu Fractional Shares?

Fractional Shares memungkinkan kita memiliki saham sebuah perusahaan secara pecahan sesuai dengan budget yang kita punya.

Contoh: Harga 1 shares saham ABCD adalah $100. Jika kamu membeli dengan dana $10, kamu akan dapat 0,1 shares di perusahaan ABCD. Jika kamu membeli lagi dengan dana $50, maka kamu memiliki 0,6 shares saham ABCD.

Fractional Shares ini umum untuk pasar saham US. Robinhood dan Interactive Brokers juga menerapkan hal yang sama. Sehingga memudahkan siapa saja berinvestasi saham sesuai dana yang kita punya.

Mendapatkan Dividen Saham Dari GoTrade

GoTrade mengklaim bahwa kita akan mendapatkan dividen meskipun saham yang kita miliki ada pada posisi pecahan (fractional).

Ini sedang saya buktikan dengan membeli saham ABBV dan AMT sebelum Ex-Date minggu lalu. Sedangkan Payment Date-nya ada pada akhir bulan April ini.

Saya akan tulis di artikel terpisah, apakah dengan fractional dapat dividen atau perlu minimal 1 shares. Kita lihat nanti.

Update: Ternyata GoTrade terbukti membayar dividen, kamu bisa baca pada tulisan ini, mendapatkan dividen saham luar negeri dengan GoTrade.

Withdrawal Fee GoTrade

Untuk saat ini, biaya penarikan dana dari GoTrade adalah $4. Sudah turun dari sebelumnya $12.

GoTrade mengklaim bahwa ini adalah biaya yang perlu mereka bayar untuk mencairkan dana dari Alpaca ke Rekening kita.

GoTrade sedang berusaha agar biaya penarikan dana 0$ di masa mendatang.

Legalitas GoTrade

GoTrade belum diawasi oleh OJK karena posisi GoTrade tidak di Indonesia.

GoTrade merupakan merk dagang yang dimiliki oleh TR8 Securities Inc. yang saat ini diawasi oleh Labuan Financial Services di Malaysia.

Lalu, untuk proses pembelian saham di US, GoTrade bekerjasama dengan broker bernama Alpaca Securites Inc. yang diawasi dan diregulasi oleh US Securities and Exchange Commision (SEC) dan Financial Industry Regularoty Authority (FINRA).

Bagaimana jika GoTrade tutup? Dana investor diproteksi oleh SIPC (Securities Investor Protection Corporation) hingga $500,000. Semoga tidak terjadi sih ya.

By Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.