Membuka Rekening Saham di Stockbit

Sejak tahun 2018 lalu, saya selalu ingin melakukan investasi di pasar modal (saham). Tujuannya adalah untuk diversifikasi instrumen investasi jangka panjang, serta ingin melakukan Investasi Saham Dividen dari perusahaan. Akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening saham di Stockbit.

Sebelum investasi saham, saya sudah menabung di beberapa instrumen investasi seperti reksadana dan emas. Portofolio saya saat itu adalah Emas 50%, Reksadana 25%, dan Cash 25%.

Fitur-fitur Unggulan Stockbit

Stockbit ini bisa dibilang seperti sosial medianya para Investor di Indonesia, kamu bisa posting konten seperti tulisan, berdiskusi, membuat prediksi harga saham, polling, dan tip berupa uang ke member lain yang kamu anggap bermanfaat kontennya.

Salah satu fitur yang paling saya suka adalah fitur Screener Saham, kamu bisa membuat beberapa aturan tertentu untuk dijadikan acuan ketika hendak memilih sebuah saham perusahaan.

Seperti misalnya, perusahaan apa saja yang memiliki Dividen Yield diatas 4%, dan membayar Dividen selama 10 tahun berturut-turut? Secara otomatis Stockbit akan memberikan daftarnya. Jadi membantu banget kalau kamu punya kriteria-kriteria tertentu pada sebuah perusahaan yang akan kamu beli sahamnya.

Stockbit gak cuma ngurusin jual beli saham aja, tapi ada wadah untuk diskusi yang cocok untuk pemula seperti saya. Banyak konten-konten bermanfaat dari kontributor berkualitas yang sering saya baca dan follow.

Pilihan Rekening Dana Nasabah di Stockbit

Setelah membuka akun di Stockbit, kamu sebenarnya sudah bisa langsung menikmati beragam fitur diatas. Namun kamu belum bisa membeli saham, karena langkah selanjutnya kamu perlu membuka rekening saham di Stockbit terlebih dahulu atau biasa dikenal dengan Rekening Dana Nasabah.

Di Stockbit kamu bisa memilih antara RDN BCA dan RDN Bank Jago. Silahkan pilih yang mana saja yang kamu cocok. Kalau saya pakai BCA, karena kebetulan nasabah di bank tersebut.

Dokumen yang Perlu Disiapkan Untuk Membuka Rekening Saham di Stockbit

Berikut merupakan dokumen yang dibutuhkan untuk membuka akun sekuritas:

  • KTP
  • NPWP

Sekarang pembukaan rekening dana nasabah di Stockbit dilakukan secara digital, jadi lebih cepat dan praktis. Tidak perlu kirim-kirim dokumen fisik lagi.

Setelah data terverifikasi, kalian akan mendapatkan nomor Rekening Dana Nasabah dan sudah bisa mulai Top-Up dana.

Minimum Deposit

Tidak ada.

Sejauh ini, saya pernah deposit sebesar Rp20.000 untuk menambal saldo minus di Portfolio. Jadi kalian hanya perlu deposit sesuai dengan jumlah lot saham yang akan dibeli.

Bagaimana Pengalaman Saya Membuka Rekening Saham di Stockbit?

Proses membuka rekening saham saat ini menurut saya cukup mudah dan menyenangkan. Ketika dulu mungkin membuka rekening di sekuritas perlu dilakukan tatap muka, mengisi banyak berkas, terbentur minimum deposit, dan sebagainya.

Melalui Stockbit, semuanya dimudahkan. Prosesnya saya kira paling lama sekitar 1-2 minggu hingga akhirnya kalian bisa top-up dana. Semuanya bisa kalian lakukan dari rumah, kecuali mengirim berkas offline bisa melalui JNE.

Intinya, setiap orang saat ini berkesempatan untuk bisa berinvestasi di saham. Tetap terapkan Money Management, dan Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *